Siswa Indonesia Borong Medali Emas Kontes Debat AS

Siswa Indonesia Borong Medali Emas Kontes Debat AS

Siswa Indonesia Borong Medali Emas Kontes Debat AS

Siswa Indonesia Borong Medali Emas Kontes Debat AS – Debat merupakan kegiatan adu argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Secara formal, debat banyak dilakukan dalam institusi legislatif seperti parlemen, terutama di negara-negara yang menggunakan sistem oposisi. Dalam hal ini, debat dilakukan menuruti aturan-aturan yang jelas dan hasil dari debat dapat melalui [voting].

Contoh lain debat yang diselenggarakan secara formal adalah debat antar kandidat legislatif dan debat antar calon presiden/wakil presiden yang umum dilakukan menjelang pemilihan umum.

Debat kompetitif adalah debat dalam bentuk permainan yang biasa dilakukan di tingkat sekolah dan universitas. Dalam hal ini, debat dilakukan sebagai pertandingan dengan aturan (“format”) yang jelas dan ketat antara dua pihak yang masing-masing mendukung dan menentang sebuah pernyataan. Debat disaksikan oleh satu atau beberapa orang juri yang ditunjuk untuk Daftar IDN Poker Indonesia menentukan pemenang dari sebuah debat. Pemenang dari debat kompetitif adalah tim yang berhasil menunjukkan pengetahuan dan kemampuan debat yang lebih baik.

Indonesia kembali menjadi jawara dalam debat Bahasa Inggris Internasional atau “World Scholars Cup” (WSC) yang diselenggarakan di Universitas Yale, Amerika Serikat. Tak tanggung-tanggung 12 siswa Indonesia menyabet 44 medali dalam ajang bergengsi ini.

Membanggakan, Siswa Indonesia Borong Medali Emas Kontes Debat Amerika Serikat

Kepala Sekolah Global Sevilla Puri Indah, Fitri Krisnawati tak henti-hentinya bersyukur karena dia bisa membawa puluhan medali. Padahal awalnya dia hanya menarget dapat satu atau dua medali saja.

Kemampuan bahasa inggris di era sekarang menjadi yang utama.

Membanggakan, Siswa Indonesia Borong Medali Emas Kontes Debat Amerika Serikatwells-

Debat lisan dan tulisan mewarnai ajang yang dilakukan secara individual dan grup ini. Dengan adanya prestasi ini maka Indonesia bisa menunjukkan kepada dunia bahwa kemampuan Bahasa Inggris siswa Indonesia layak diacungi jempol.

Siapa saja siswa yang berjasa dalam ajang ini? Mereka antara lain adalah Julius Owen Suherman, Alexandra Annika, Angelica Marta, Basilio Otto Suherman, Wirayuda Hendro Gunawan, Morgan Thomas Coomes, Bianca Evangelista Tjahjadi, Evan Haryowidyatna, Adler Edsel, Aurelia Vidyani Sidin, Yasa Danavira Tjoe, dan Kenny Kusnadi.

Membanggakan, Siswa Indonesia Borong Medali Emas Kontes Debat Amerika Serikat

Indonesia berada di posisi ke-14 saat ini. 

Membanggakan, Siswa Indonesia Borong Medali Emas Kontes Debat Amerika Serikat

Owen pun menjadikan Indonesia di posisi 14. Dalam lomba debat yang digelar sejak 2007 ini menguji kepiawaian para peserta dengan tema “Imperfect World” dan “Unlikely World”.

Apa rahasia Owen sehingga bisa sesukses ini? Dia termotivasi untuk meraih banyak medali, karena pada tahun sebelumnya dia gagal meraih medali. Dia pun terus berlatih berbicara dengan Bahasa Inggris baik di rumah maupun sekolah dan hasilnya pun kini bisa dia rasakan.

Comments are closed.