Sejarah Perkembangan Komputer Hingga Sekarang

Sejarah Perkembangan Komputer Hingga Sekarang

Sejarah Perkembangan Komputer Hingga Sekarang

Sejarah Perkembangan Komputer Hingga SekarangKomputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhiungan arittmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.

Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang mengolah informasi” atau “sistem pengolah informasi.” Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata “komputer”, dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer.

Proses perkembangan komputer tidak serta merta secanggih saat ini karena memang mengalami proses. Komputer sekarang memang telah jauh berbeda dengan komputer terdahulu, mulai dari idnplay deposit pulsa 10000 segi bentuk, kinerja, hingga komponen yang dipakai. Berikut ini akan kami sampaikan sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi.

1. Sejarah Komputer Generasi Pertama Menggunakan Tabung Vakum (1946 – 1959)

sejarah-perkembangan-komputer-1

Tahun 1946 merupakan tahun diciptakan komputer generasi pertama dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar pembuatan. Tabung yang digunakan sebagai komponen dasar ini memang dikenal tidak efisien di beberapa aspek karena cepat sekali panas ketika dipakai.

Selain itu, komponen ini membutuhkan daya listrik sangat besar dalam pengoperasiannya. Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) merupakan salah satu contoh komputer generasi yang pertama. Komputer generasi pertama diciptakan oleh J.Presper Eckert dan John Mauchly di University of Pennsylvania. Mereka berdua membangun ENIAC dengan menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki dan mempunyai berat yang mencapai sekitar 30 ton.

Sejarah komputer generasi pertama ini menjadi digital elektronik yang dipakai untuk kebutuhan paling umum. Program ENIAC ini sudah di rancang pada tahun 1942 namun dimulai baru di tahun 1943 dan selesai pada tahun 1946 .

Bentuk program ENIAC memiliki ukuran sangat besar bahkan pada peletakkan program ini membutuhkan ruang seluas 500 m2. ENIAC juga menggunakan 75.000 relay dan saklar, 18.000 tabung, 70.000 resistor, dan 10.000 kapasitor.

Saat memulai pengoperasian, ENIAC membutuhkan daya listrik sangat besar, yaitu sekitar 140 kW. Dana yang dibutuhkan untuk membuat perangkat tersebut mencapai 1 juta dollar.

Ciri-ciri komputer generasi pertama:

  • Memiliki hardware yang jauh lebih besar serta membutuhkan ruang yang luas.
  • Interior design sistem operasi dibuat secara spesifik dan hanya dapat melakukan tugas tertentu.
  • Program hanya dapat dibuat memakai bahasa mesin.
  • Menggunakan silinder magnetic untuk menyimpan data.
  • Membutuhkan daya listrik sangat besar.
  • Butuh mesin pendingin karena cepat panas.
  • Kapasitas penyimpanan yang kecil.
  • Kinerjanya lambat.
  • Memakai konsep stored program dan menggunakan magnetic core storage sebagai memori utama.
  • Menggunakan tabung hampa sebagai sirkuit.

 2. Sejarah Komputer Generasi Kedua Menggunakan Transistor (1959 – 1965)

sejarah-perkembangan-komputer-2

Tahun 1959, komponen dasar untuk merancang komputer adalah teknologi transistor. Komponen ini dinilai jauh lebih efisien jika dibandingkan tabung vakum. Transistor mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan tabung vakum serta daya listrik yang diperlukan juga lebih kecil untuk pengoperasiannya. Biaya pembuatan juga jauh lebih terjangkau.

Bahasa pemrogaman telah diganti menggunakan bahasa Assembly dan bahasa simbolik. Dengan menggunakan bahasa pemrogaman tersebut, programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata.

Mesin yang pertama kali menggunakan teknologi ini ialah super komputer. IBM juga telah membuat super komputer dengan nama Sprery-rand dan Stretch serta menjadikan komputer dengan nama LARC. Komputer ini dikembangkan di laboratorium menggunakan energi atom. Pada tahun 1965, hampir berbagai bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi dengan keuangan bisnis.

Ciri-ciri komputer generasi kedua:

  • Telah menggunakan operasi bahasa pemrogaman tingkat tinggi fortran dan cobol.
  • Kapasitas memori utama menggunakan magnetic core storage.
  • Menggunakan simpanan eksternal seperti magnetic tape dan magnetic disk.
  • Mampu memproses secara real time dan real sharing.
  • Ukuran fisik jauh lebih kecil dibanding komputer di generasi pertama.
  • Kinerjanya lebih cepat.
  • Daya listrik lebih kecil.
  • Pemakaian program ini tidak lagi terpaku pada aplikasi bisnis namun juga pada aplikasi teknik.

3. Komputer Generasi Kelima Artificial Intelligence (Sekarang – Masa Depan)

sejarah-perkembangan-komputer-5

Generasi kelima ini sebenarnya masih tahap pembangunan, yang mana generasi ini akan mempunyai teknologi yang dibuat berdasarkan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Dalam sejarah perkembangan komputer, pengembangan komputer generasi kelima ini bertujuan agar dapat menghasilkan perangkat komputer yang dapat merespon, menggunakan bahasa yang digunakan manusia, diharapkan dapat mempelajari lingkungan di sekitarnya, serta dapat menyesuaikan dirinya sendiri.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

  • Komputer masih menggunakan teknologi LSI namun akan banyak mengalami proses pengembangan.
  • Memiliki fitur yang terus berkembang setiap tahunnya.
  • Semakin cepat dalam pemrosesan informasi.
  • Komputer memiliki kemampuan untuk mendengar, berbicara, melihat, berbicara, dan bisa lebih canggih lagi. Bahkan dapat memberikan kesimpulan layaknya manusia.
Comments are closed.