Sederhana, 4 Cara agar Hidup Jadi Lebih Bermanfaat bagi Orang Sekitar

Sederhana, 4 Cara agar Hidup Jadi Lebih Bermanfaat bagi Orang Sekitar

Sederhana, 4 Cara agar Hidup Jadi Lebih Bermanfaat bagi Orang Sekitar

Menikmati Hidup Sederhana, 6 Langkah Menjalani Hidup Tidak Berlebihan

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Karenanya, banyak orang yang ingin menjadi lebih berguna bagi orang lain dalam beberapa hal.

Di lansir dari codecha.org, untuk menjadi berguna belum tentu harus menjadi yang paling pintar, lebih kompeten, atau paling dermawan, namun yang membuat seseorang sangat berguna adalah sikap mereka. Bukan hanya membantu, tetapi juga membuat orang yang di bantu merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri. Selain itu, menjadi berguna bagi orang lain juga bisa memberikan kepuasan batin bagi diri sendiri.

Lantas, apa yang bisa kita lakukan agar menjadi lebih bermanfaat bagi orang lain? Di kutip dari IDN Poker APK, yuk cermati penjelasan berikut!

1. Menulis sebuah buku

Tentu saja, bangga rasanya melihat namamu terpampang di sampul buku. Tetapi, jauh lebih membanggakan mengetahui bahwa sesuatu yang kamu tulis berhasil mengubah kehidupan orang-orang di luar sana.

Bagikan keahlian khusus yang kamu miliki atau pengalaman yang bisa menginspirasi dalam bentuk tulisan. Waktu bukanlah masalah besar jika kamu berkomitmen menulis setiap harinya, walaupun hanya satu halaman per hari.

2. Menjadi sukarelawan

Banyak manfaat yang bisa kamu berikan dengan menjadi relawan. Kamu tidak harus menghabiskan seluruh waktumu untuk bekerja cuma-cuma atau mendonasikan seluruh harta yang kamu miliki untuk memberikan manfaat.

Mengajar secara sukarela beberapa jam per minggu, aktif memberikan sumbangan buku atau pakaian di komunitas, mendonasikan sejumlah uang secara rutin, atau hadir di tengah masyarakat yang terkena bencana sudah cukup memberikan manfaat bagi masyarakat.

3. Bagikan apa yang kamu ketahui

Banyak orang tahu bagaimana melakukan suatu hal, tetapi tidak mau repot-repot membantu orang lain. Karenanya, akan sangat bermanfaat jika kamu terbuka pada orang lain tentang kekuatan dan pengetahuan yang kamu miliki.

Beri tahu orang-orang bahwa kamu memiliki keahlian khusus dan bersedia membantu mereka yang membutuhkan. Misalnya, mengajari suatu pelajaran pada teman sekolah atau kuliah, tidak pelit ilmu di kantor, membagikan resep makanan, dan masih banyak lagi.

4. Dengarkan orang lain

Ketidakmampuan orang untuk melakukan sesuatu sering kali menyebabkan mereka sangat menderita secara emosional. Kamu bisa membantu mereka dengan mendengarkan apa keluh kesah mereka dan memberikan dukungan.

Ini memberi mereka kesempatan untuk mengeluarkan keluh kesah dan menunjukkan bahwa kamu menghargai perasaan mereka. Ini juga bisa memberikan kamu perasaan puas karena telah memperbaiki perasaan orang lain.

Comments are closed.