Pentingnya Mengedipkan Mata Saat di Depan Komputer

Pentingnya Mengedipkan Mata Saat di Depan Komputer

Pentingnya Mengedipkan Mata Saat di Depan Komputer

Pentingnya Mengedipkan Mata Saat di Depan Komputer – Tanpa disadari, kita telah menghabiskan sebagian besar waktu kita di depan layar. Coba cek, berapa lama Anda terpekur di depan gadget memeriksa surat elektronik, mengecek pesan singkat di ponsel, bekerja 8 jam di depan komputer, menonton televisi sebelum tidur atau main game di komputer, dan sebelum akhirnya memeriksa ponsel sebelum berangkat tidur.

Tak dipungkiri teknologi Aplikasi IDN Poker Open Card memang memiliki banyak hal positif bagi kehidupan profesional dan sosial. Tetapi ia juga memiliki sisi dampak buruk untuk kesehatan. Salah satu pengaruh yang signifikan dari banyaknya waktu menatap layar disebut Computer vision syndrome (‘CVS’).

“Ketika kita menggunakan komputer untuk waktu yang lama, kita hanya berkedip sekitar 4-7 kali per menit. Padahal normalnya 18 – 20 kali per menit,” jelas Profesor Dan Reinstein, dari Vision Clinic London.

Menurutnya, penurunan yang signifikan-itu dapat menyebabkan mata kering, penglihatan kabur dan gejala lain dari CVS termasuk mata merah, ketegangan mata, pusing, dan kesulitan memusatkan mata. Untungnya, hingga saat ini belum ada bukti bahwa CVS bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mata.

Namun, jika sering mengalami gejala ini bisa membuat frustasi, dan bahkan dapat mempengaruhi kinerja di tempat kerja, atau mengganggu kenikmatan dari kegiatan lain. Untuk mengatasai hal ini, Reinstein membagi tipsnya bagaimana mencegah CVS, dan menjaga mata sehat dan nyaman.

  • Ambil istirahat sejenak dari layar komputer Anda setidaknya setiap satu jam. Palingkan mata dari layar komputer dan alihkan pandangan mata Anda untuk memandang satu titik di kejauhan. Pemandangan yang hijau sangat disarankan.
  • Jaga kebersihan layar komputer
  • Kedipkan mata sesering mungkin, ini akan menghindarkan kornea dari kekeringan.
  • Optimalkan sudut, tinggi dan jarak layar komputer dengan mata Anda. Jarak yang salah, bisa memicu ketegangan otot mata dan menyebabkan ketidak-nyamanan visual.
  • Menyadari faktor lingkungan. AC dan kipas angin bisa memperburuk gejala mata kering atau CVS.
  • Hindari mengenakan contacts lens saat di depan komputer, karena ini akan membuat mata semakin terasa kering. CVS sangat umum di kalangan pemakai kontak lensa. Di Vision Clinic London, banyak pasien yang memutuskan untuk menjalani operasi laser karena tidak bisa panjang mengenakan lensa kontak untuk waktu yang lama, terutama saat menggunakan komputer.
  • Minum banyak air, agar tubuh selalu terhidrasi. Ini secar atidak langsung akan menjaga kelembaban mata.
  • Hindari ‘silau’ baik dari cahaya luar maupun lampu.
  • Pastikan layar komputer Anda tidak berkedip.
  • Lakukan pemeriksaan mata secara teratur. Ini penting untuk memastikan apakah Anda kacamata atau lensa kontak yang Anda kenakan sudah sesuai dengan ‘cacat’ mata Anda. Ukuran yang salah dapat meningkatkan banyak ketidaknyamanan yang terkait dengan CVS.
    Bagian depan mata Anda (kornea) juga harus dinilai untuk melihat tanda-tanda mata kering, dan dokter mata Anda dapat meresepkan Anda dengan air mata buatan, jika mata Anda terlalu kering. Selain itu kini di pasaran banyak dijual alat semprotan untuk menjaga mata terhidrasi. (femalefirst.co.uk)
Comments are closed.