Jenis Keyboard pada Komputer dan Berbentuk Unik

Jenis Keyboard pada Komputer dan Berbentuk Unik

Jenis Keyboard pada Komputer dan Berbentuk Unik

Jenis Keyboard pada Komputer dan Berbentuk UnikPapan tombolpapan ketikpapan tik, atau papan tuts (bahasa Inggris: keyboard) merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 1 sampai 9, dan juga 0.

Serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Dalam komputasi, papan tombol menggunakan susunan tombol atau kunci, untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik.Keyboard merupakan salah satu komponen penting yang harus ada pada sebuah perangkat komputer.

Di sini, keyboard berisi berbagai huruf atau abjad, angka, simbol tanda baca, dan berbagai tombol fungsi lainnya yang membantu kerja komputer. Secara umum, keyboard digunakan untuk aplikasi idn poker versi terbaru mengetik tulisan berbagai dokumen yang dibuat.

Beberapa macam keyboard ini mempunyai desain dan karakter unik, yang disesuaikan dengan fungsinya. Berbagai macam keyboard ini pun mampu memberikan keuntungan dan manfaat tersendiri bagi setiap profesional yang menggunakannya untuk suatu pekerjaan.

Lalu macam keyboard apa saja yang memiliki bentuk unik dan jarang diketahui.

1. Keyboard Ergonomik

Macam keyboard pada komputer berbentuk unik yang pertama adalah keyboard ergonomik. Macam keyboard ini dirancang khusus bagi pengguna yang sering mengeluhkan masalah pergelangan tangan saat menggunakan jenis keyboard pada umumnya.

Keyboard ergonomik ini menawarkan posisi yang lebih rileks sehingga pergelangan tangan tidak tegang dengan tekanan yang dilakukan secara terus menerus.

Keyboard ergonomik ini didesain dengan alas pergelangan tangan yang empuk sehingga dapat mengurangi tekanan berlebih pada sisi bawah tangan. Desain ini dinilai dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan, mengurangi risiko stres pergelangan tangan, hingga meringankan cedera pergelangan tangan yang telah terjadi.

Meski begitu, setiap orang yang beralih pada keyboard ini harus kembali menyesuaikan posisi dan karakter yang ada pada keyboard.

2. Keyboard Game

Macam keyboard pada komputer dengan bentuk unik selanjutnya adalah keyboard game. Keyboard game ini dibuat tidak lain karena game online mulai menjadi industri populer yang banyak digemari masyarakat saat ini. Keyboard ini pun dirancang khusus bagi para profesional e-sport dengan tombol rollover yang lebih banyak, yaitu sekitar 4–6 stroke keyboard.

Keyboard ini juga dilengkapi dengan tombol pra-program yang memungkinkan pemain untuk mengoperasikannya dengan lebih cepat. Bukan hanya itu, posisi yang dirancang dalam keyboard ini juga memudahkan pemain untuk menekan tombol kombinasi keyboard untuk setiap fungsi yang akan dijalankan.

Hal ini tentu saja sebanding dengan harga yang ditawarkan. Sehingga jika Anda membutuhkan keyboard gaming yang baik dan canggih harus merogoh kocok cukup dalam.

3. Keyboard Multimedia

Macam keyboard pada komputer berbentuk unik yang jarang diketahui berikutnya adalah keyboard multimedia. Keyboard ini dibuat untuk memberikan fungsi pengaturan dan pengendalian secara mudah dan optimal pada home theater.

Keyboard ini dirancang untuk menggabungkan semua fungsi dari beberapa pengontrol ke dalam satu sistem keyboard yang bisa digunakan lebih praktis.

Fitur yang ditawarkan dalam keyboard ini berupa tombol opsi khusus untuk pengaturan audio, tombol opsi untuk pengaturan video, dapat disambungkan dengan beberapa perangkat lain, dapat digunakan untuk mengakses internet melalui home theater.

Dengan menggunakan keyboard ini, fasilitas home theater yang Anda miliki di rumah dapat dikontrol dengan mudah dan lebih praktis.

4. Keyboard Handheld

Macam keyboard pada komputer dengan bentuk unik lainnya bisa didapatkan dari keyboard handheld. Keyboard genggam ini juga didesain khusus untuk pemain game profesional. Biasanya keyboard ini dioperasikan hanya dengan satu tangan, sementara tangan lain dapat mengendalikan controller.

Keyboard handheld ini tentu saja memberikan beberapa fitur unggulan bagi pada penggunanya. Seperti desain keyboard yang berbeda dan lebih sederhana dari keyboard QWERTY, menggunakan desain ergonomis yang mampu memberikan fungsi secara optimal, posisi mudah dipelajari dan akan lebih cepat saat sudah terbiasa.

5.Keyboard Vertikal

Macam keyboard pada komputer dengan bentuk unik yang terakhir adalah keyboard vertikal. Sesuai dengan namanya, jenis keyboard ini dirancang dengan bentuk vertikal. Jenis keyboard ini merupakan bentuk lain dari keyboard ergonomis yang berguna untuk mengurangi tekanan pada pergelangan tangan.

Ciri khas dari keyboard vertikal ini tidak lain adalah konsep tiga dimensi yang dapat dilihat dari bentuknya. Di mana keyboard dibagi menjadi dua bagian dengan setiap papan tombol disusun vertikal atau naik.

Desain yang dimiliki keyboard jenis ini memungkinkan pengguna untuk duduk dengan posisi baik dan netral. Sehingga dengan posisi tersebut, secara tidak langsung akan mengurangi ketegangan pada punggung, leher, lengan, tangan, dan pergelangan tangan.

Comments are closed.