Gadis Down Syndrome yang Ikut Kontes Kecantikan

Gadis Down Syndrome yang Ikut Kontes Kecantikan

Gadis Down Syndrome yang Ikut Kontes Kecantikan

Gadis Down Syndrome yang Ikut Kontes Kecantikan – Down syndrome adalah kelainan genetik yang menyebabkan penderitanya memiliki tingkat kecerdasan yang rendah, dan kelainan fisik yang khas. Sebagian penderita dapat mengalami kelainan yang ringan, tetapi sebagian lainnya dapat mengalami gangguan yang berat hingga menimbulkan penyakit jantung.

Down syndrome merupakan kelainan genetik yang cukup sering terjadi. Data WHO memperkirakan 3000 hingga 5000 bayi terlahir dengan kondisi ini setiap tahunnya. Dengan penanganan yang tepat, penderita dapat hidup dengan sehat dan mampu menjalani aktivitas dengan mandiri, walaupun kelainan belum dapat disembuhkan.

Seorang perempuan penyandang down syndrome berhasil menjadi salah satu peserta kontes kecantikan di Minnesota, Amerika Serikat, di mana pemenangnya akan berlomba di ajang Miss USA. Dikutip dari The Independent, Mikayla Holmgren, mengaku percaya diri dengan kemampuannya dan tak membiarkan suatu kekurangan menghalanginya untuk mewujudkan APK IDNPlay Versi 2.1.0 impian.

Ia adalah penyandang down syndrome pertama yang mengikuti ajang kecantikan itu.

Kisah Gadis Penyandang Down Syndrome yang Ikut Kontes Kecantikan

Holmgren mengaku kepada media lokal, KSTP, bahwa mengikuti kontes kecantikan adalah cita-citanya. Perempuan berusia 22 tahun itu berkata bahwa ia memenuhi syarat untuk bisa bersaing dalam pemilihan ratu kecantikan tersebut.

Ia adalah penyandang down syndrome pertama yang mengikuti pemilihan calon peserta Miss USA. Menurut direktur eksekutif ajang itu, Denise Wallace, Holmgren sudah diterima menjadi kontestan sejak tahun lalu.

Ini bukan pertama kali Holmgren berkompetisi dalam kontes kecantikan. Pada 2015 lalu ia sukses menjadi pemenang Miss Minnesota Junior Miss Amazing. Kemudian, Holmgren mewakili negara bagian Minnesota dalam ajang Junior Miss Amazing di Los Angeles.

Meski tak berhasil mewakili Minnesota ke ajang Miss USA, tapi ia tetap membawa pulang trofi.

Kisah Gadis Penyandang Down Syndrome yang Ikut Kontes Kecantikan

Selain membuka jalan untuk penyandang down syndrome lain untuk mengikuti ajang serupa, Holmgren pun dianugerahi Spirit of Miss USA dan Director’s Award.

Kisah Gadis Penyandang Down Syndrome yang Ikut Kontes Kecantikan

“Siapapun yang menghabiskan lima menit dengannya tahu bahwa dia adalah orang yang tepat untuk jadi yang pertama mewakili komunitas orang-orang yang perlu melihat diri mereka sendiri melakukan hal seperti ini,” kata Wallace.

Comments are closed.