Fosil Mammoth Ditemukan dengan Otot Masih Menempel

Fosil Mammoth Ditemukan dengan Otot Masih Menempel

Fosil Mammoth Ditemukan dengan Otot Masih Menempel

Fosil Mammoth Ditemukan dengan Otot Masih MenempelFosil (bahasa Latin: fossa yang berarti “menggali keluar dari dalam tanah”) adalah sisa-sisa atau bekas-bekas makhluk hidup yang menjadi batu atau mineral. Untuk menjadi fosil, sisa-sisa hewan atau tanaman ini harus segera tertutup sedimen. Oleh para pakar dibedakan beberapa macam fosil.

Ada fosil batu biasa, fosil yang terbentuk dalam batu ambar, fosil ter, seperti yang terbentuk di sumur ter La Brea di Kalifornia. Hewan atau tumbuhan yang dikira sudah punah tetapi ternyata masih ada disebut fosil hidup. Fosil yang paling umum adalah kerangka yang tersisa seperti cangkang, gigi dan tulang.

Fosil jaringan lunak sangat jarang ditemukan.Ilmu yang mempelajari login idn poker via website fosil adalah paleontologi, yang juga merupakan cabang ilmu yang direngkuh arkeologi.

Sebuah fosil wolly mammoth, lengkap dengan otot yang masih menempel di beberapa bagian tubuhnya, ditemukan oleh seorang penggembala rusa di utara Siberia, Rusia. Fosil tersebut ditemukan di perairan dangkal Pechevalavato Lake, wilayah Yamalo-Nenets.

Beberapa bagian fosil yang ditemukan antara lain tulang, rahang bagian bawah, beberapa potong tulang iga, dan potongan tulang kaki.

Wolly mammoth adalah salah satu spesies mammoth yang diperkirakan punah 10.000 tahun lalu. Para ilmuwan menyebut kepunahan mereka disebabkan oleh mutasi genetis, perburuan manusia, dan pemanasan global pada masa itu.

Meski begitu, ilmuwan percaya beberapa ekor spesies ini masih bertahan di wilayah dingin Alaska dan Wrangel Island yang berada di pesisir Siberia. Para arkeolog kemudian menggali fosil tersebut. Tak hanya tulang, mereka juga menemukan otot di beberapa bagian mammoth masih menempel dengan baik.

See-Through Hair and Awkward Sexual Problems: The Woolly Mammoth's Bitter  End - Scientific American

Yevgeniya Khozyainova, arkeolog dari Shemanovsky Institute, Rusia, menyebutkan bahwa penemuan fosil mammoth adalah hal yang cukup langka di dunia.

Pemanasan global di bagian utara Asia beberapa waktu ini memang menimbulkan banyaknya penemuan fosil hewan purba. Namun, mammoth termasuk penemuan langka bagi para arkeolog.

Ia mengatakan bahwa penemuan seperti ini penting bagi peneliti untuk memahami lebih jauh tentang spesies mammoth, dan kehidupan yang mereka jalani berdampingan dengan manusia purba.

Comments are closed.