Film Wajib Ditonton Mahasiswa Ilmu Komputer

Film Wajib Ditonton Mahasiswa Ilmu Komputer

Film Wajib Ditonton Mahasiswa Ilmu Komputer

Film Wajib Ditonton Mahasiswa Ilmu Komputer – Film, juga dikenal sebagai movie, gambar hidup, film teater atau foto bergerak, merupakan serangkaian gambar diam, yang ketika ditampilkan pada layar akan menciptakan ilusi gambar bergerak karena efek fenomena phi. Ilusi optik ini memaksa penonton untuk melihat gerakan berkelanjutan antar objek yang berbeda secara cepat dan berturut-turut.

Proses pembuatan film merupakan gabungan dari seni dan industri. Sebuah film dapat dibuat dengan memotret adegan sungguhan dengan kamera film; memotret gambar atau model “miniatur” menggunakan teknik animasi tradisional; dengan CGI dan animasi komputer; atau dengan kombinasi beberapa teknik yang ada dan efek visual lainnya.

Karena merebaknya wabah virus COVID-19, maka aktivitas belajar mengajar baik untuk sekolah dan kampus diliburkan untuk sementara waktu. Kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring (dalam jaringan), namun tidak dilakukan seperti biasa. Jadi mahasiswa banyak memiliki waktu luang.

Nah buat kamu nih, mahasiswa jurusan yang berkaitan dengan Computer Science, ada baiknya kamu menonton 15 film ini agar memahami sejarah komputer dan membuat IDN Poker 99 kamu semakin giat dalam melakukan pemrograman.

1. The Matrix

The Matrix adalah film luar biasa yang ingin dilihat oleh setiap programmer. The Matrix adalah film sci-fi action yang rilis pada tahun 1999. Ini adalah salah satu film pertama di mana gagasan hacker disorot menjadi tema utama.

Film ini menginspirasi banyak anak muda saat itu untuk belajar lebih banyak tentang komputer dan pemrograman. Programmer dapat melihat bahwa konsep rekursi dan loop dieksekusi dengan cemerlang dalam film ini.

2. The Social Network

The Social Network adalah film rilisan 2010 yang mnejadi salah satu film favorit para programmer. The Social Network secara fiksi menggambarkan asal-usul Facebook dan kekacauan tuntutan hukum yang harus dihadapi. Dengan meraih delapan nominasi, film ini menjadi hit di ajang Oscar. Programmer akan senang melihat perjalanan hidup pendiri Facebook yakni Mark Zuckerberg.

3. WarGames

WarGames adalah film fiksi ilmiah tentang Perang Dingin Amerika yang dirilis pada tahun 1983 di bawah arahan John Badham. Mengisahkan seorang hacker anak-anak. Film ini menunjukkan bagaimana anak itu secara tidak sengaja mengakses WOPR (War Operation Plan Respons) yang ia anggap itu adalah sebuah permainan.

Beberapa ahli juga melihat film ini sebagai pesan kepada orang tua dan guru untuk mengawasi anak-anak untuk menghindari penyalahgunaan pemrograman.

4. Takedown

Film tahun 2000 ini menggambarkan kisah seorang peretas komputer, Kevin Mitnick yang diadaptasi dari buku berjudul Takedown karangan John Markoff dan Tsutomu Shimomura. Karena ia adalah peretas teratas di dunia, programmer akan senang menonton Takedown untuk melihat bagaimana ia menggunakan atau menyalahgunakan kemungkinan pemrograman untuk menantang dunia.

Skeet Ulrich dan Russell Wong memainkan peran penting dalam film ini dan disutradarai oleh Joe Chappelle.

5. Source Code

Source Code adalah film science fiction thriller rilisan pada tahun 2011. Source Code adalah sejenis film yang membuat kamu tetap bersemangat sepanjang perjalanan yang merangsang secara intelektual dan menghubungkan kamu secara emosional.

Film ini membawa kamu kedalam plot yang menarik untuk melacak pembom kereta komuter Chicago dengan operasi rahasia. Kamu dapat melihat jejak misterius yang menakjubkan ketika sang tokoh utama memasuki tubuh orang lain dalam perjalanan. Film ini disutradarai oleh Duncan Jones dan ditulis oleh Ben Ripley.

6. Pirates of Silicon Valley

Film drama ini dirlis pada tahun 1999 di bawah arahan Martyn Burke. Programmer sejati pasti akan meluangkan waktu untuk menonton Pirates of Silicon Valley karena menunjukkan perjalanan mengembangkan komputer pribadi sambil menjelajahi persaingan antara Steve Jobs dan Bill Gates.

Peristiwa penting yang terjadi pada rentang tahun 1971-1997 digambarkan dalam film ini ketika akhirnya Apple dan Microsoft bersaing sebaga raksasa dalam bidang komputer.

7. Antitrust

Antitrust adalah film thriller tahun 2001 karya Howard Franklin yang mengisahkan kisah programmer muda idealis. Antitrust mengisahkan perusahaan besar yang merupakan impian bagi setiap programmer yang menawarkan peluang kreatif dalam lingkungan kerja informal.

Film ini menampilkan bagaimana seorang programmer muda menemukan beberapa kebenaran tersembunyi di balik organisasi terselubung.

8. The Imitation Game

The Imitation Game adalah film drama sejarah Amerika yang dirilis pada tahun 2014. Programmer akan menganggap menonton The Imitation Game sangat menarik karena menggambarkan perjalanan terciptanya komputer pertama di dunia.

Kamu dapat melihat perjuangan Alan Turing dan tim dalam proses Enigma Code buatan Jerman. Sejarawan memuji penemuan ini karena membuat perang lebih pendek dan menyelamatkan banyak nyawa. Film ini ditulis oleh Graham Moore dan disutradarai oleh Morten Tyldum.

9. The Fifth Estate

Film thriller biografi ini dirilis pada tahun 2013 di bawah arahan Bill Condon. The Fifth Estate menggambarkan insiden dan kontroversi yang membuka jalan bagi WikiLeaks. Programmer akan senang mengetahui tentang bagaimana para aktivis internet menggunakan platform untuk menyalahgunakan kemungkinan pemrograman untuk secara anonim membocorkan data penting dari kejahatan perusahaan dan pemerintah.

Film ini terinspiras dari beberapa buku terkenal di wikileaks.

10. Jobs

Jobs merupakan film drama biografi yang dirilis pada tahun 2013 berdasarkan kehidupan Steve Jobs. Film Jobs menggambarkan peristiwa-peristiwa penting dalam hidup Steve Jobs mulai dari masa kuliahnya hingga penemuan Apple iPod.

Steve Jobs adalah inspirasi bagi para programmer muda dan film ini benar-benar menginspirasi terutama untuk programmer. Jobs ditulis oleh Matt Whiteley dan disutradarai oleh Joshua Michael Stern.

11. Primer

Film Amerika 2004 ini menggambarkan perjalanan waktu yang tidak disengaja. Para ahli menilai bahwa film Primer dibuat khusus untuk para insinyur dan bukan untuk penonton biasa.

12. Hackers

Hackers adalah film kejahatan rilisan tahun 1995 yang didasarkan pada kisah sejumlah peretas sekolah menengah dan peran mereka dalam konspirasi pemerasan perusahaan. Hackers dirilis ketika internet tidak sepopuler sekarang dan apa yang diperlihatkan film ini tampaknya menjadi misteri bagi banyak orang. Film ini disutradarai oleh Iain Softley dan ditulis oleh Rafael Moreu.

Comments are closed.