Fenomena Unik Ini Bisa Kamu Alami di Tempat yang Sepi

Fenomena Unik Ini Bisa Kamu Alami di Tempat yang Sepi

Fenomena Unik Ini Bisa Kamu Alami di Tempat yang Sepi

Fenomena Unik Ini Bisa Kamu Alami di Tempat yang Sepi – Saat dunia mengalami lonjakan pertumbuhan penduduk yang sangat besar, itu bisa membuat orang-orang yang mencintai kesendirian dan kesunyian merasa terganggu. Mereka berpikir akan sulit menemukan tempat-tempat yang sepi dan bisa dijadikan tempat untuk menyendiri.

Ternyata, di belahan bumi yang lain masih ada beberapa tempat yang masih sepi dan tidak banyak penduduknya. Itu artinya, masih ada harapan buat kamu untuk tinggal di tempat yang sepi. Beberapa fenomena unik bisa kamu alami pada saat kamu berada di tempat yang sangat sepi dan sunyi.

Namun, fenomena-fenomena tersebut masih bisa dijelaskan oleh sains, kok. Faktanya, tidak semua orang bisa mengalami fenomena-fenomena unik ini. Nah, kira-kira fenomena unik apa saja yang bisa kamu alami pada saat kamu berada di poker deposit pulsa 10rb tanpa potongan tempat sepi? Ini penjelasannya menurut sains.

1. Di tempat yang sangat sepi, kamu bisa mendengar suara dengungan Bumi

Menurut Sains, 5 Fenomena Unik Ini Bisa Kamu Alami di Tempat yang Sepi

Live Science dalam lamannya menjelaskan bahwa Bumi kita ini bisa mengeluarkan suara yang cukup unik dalam frekuensi tertentu. Suara dengungan Bumi atau hum tersebut sebetulnya bisa terdengar di seluruh dunia. Namun, dalam beberapa kasus, di wilayah-wilayah yang sangat hening, suara dengungan akan semakin jelas terdengar mirip seperti suara pabrik di kejauhan.

Nah, sebetulnya apa yang dimaksud dengan fenomena suara hum ini? Menurut ilmuwan dan ahli Bumi, suara dengungan kerap terdengar akibat pengaruh geologi Bumi, di mana biasanya kemunculan gunung berapi muda di dasar samudra bisa menjadi salah satu penyebab utamanya.

Kelahiran atau kemunculan gunung berapi beserta magma dari dalam Bumi membuat suara merambat dari dasar laut sehingga terdengar berdengung. Sebuah studi dan penelitian yang dilakukan pada 2019 lalu yang melibatkan ahli oseanografi Prancis menunjukkan bukti bahwa suara dengungan Bumi memang berkorelasi sangat erat dengan kemunculan gunung berapi muda di dasar samudra.

2. Di zona sepi dan bebas polusi cahaya, kamu bisa melihat hamparan bintang dan mungkin galaksi dengan sangat jelas

Menurut Sains, 5 Fenomena Unik Ini Bisa Kamu Alami di Tempat yang Sepi

Mungkin tidak di semua tempat kamu bisa mengalami fenomena ini. Namun, di banyak wilayah yang benar-benar sunyi dan bebas dari polusi cahaya, seseorang bisa menikmati pemandangan menakjubkan di langit. Yup, ada banyak orang yang berburu pemandangan langka ini, di mana jutaan cahaya bintang terlihat dengan sangat jelas di langit.

Bahkan, jika beruntung, kamu pun bisa melihat dengan jelas hamparan dari bagian kecil galaksi Bimasakti. Menurut laman NASA, ilmuwan dan semua ahli astronomi hanya bisa mengambil gambar bagian galaksi dari dalam galaksi itu sendiri, dalam hal ini adalah Bimasakti. Tentu saja dibutuhkan syarat untuk bisa melihatnya dengan jelas, yakni zona sunyi yang sama sekali bebas polusi cahaya.

3. Di zona yang mutlak sunyi, otak dan telingamu akan bereaksi tidak seperti biasanya

Menurut Sains, 5 Fenomena Unik Ini Bisa Kamu Alami di Tempat yang Sepi

Menurutmu tempat manakah di dunia ini yang dianggap paling sunyi? Greenland, Antarktika, Hutan Amazon, atau mungkin puncak Gunung Everest? Ternyata, zona paling hening di dunia ada di Minnesota Amerika Serikat, tepatnya di Laboratorium Orfield. Ya, di laboratorium tersebut memiliki bagian penting yang bernama Quiet Chamber atau Ruang Hening.

Laman sains Smithsonian Magazine mencatat bahwa Ruang Hening yang dibuat dalam Laboratorium Orfield merupakan tempat khusus yang dirancang untuk beberapa kebutuhan sains, misalnya NASA yang kerap mengirimkan astronaut mereka untuk belajar beradaptasi dengan keheningan luar angkasa. Selain itu, beberapa perusahaan prosesor komputer juga sering menguji produknya di laboratorium tersebut.

Faktanya, jika kamu berada dalam ruangan tersebut, otak dan telingamu akan bereaksi tidak seperti biasanya. Bahkan, selama 45 menit pertama kamu akan merasakan sangat tidak nyaman dan nyaris gila. Bayangkan saja, saking heningnya, kamu akan mendengar detak jantung, pencernaan, dan bahkan kerja paru-parumu secara samar – sebuah fenomena yang tak akan bisa kamu alami di tempat-tempat lainnya.

Ruang Hening dibuat khusus hingga kedap suara sampai pada titik minus 2,5 desibel. Bahkan, keheningan dalam laboratorium bisa diatur pada titik minus 9 desibel. Sekadar informasi, keheningan 0 – 10 desibel merupakan keheningan yang tidak bisa didengar oleh manusia. Tentu saja, laboratorium yang pernah mencatatkan rekor di Guiness Book of World Record ini akan membuat manusia tidak nyaman dengan rasa sepi yang mencekam.

4. Di tempat yang sangat sepi, kamu akan mengalami halusinasi pendengaran

Menurut Sains, 5 Fenomena Unik Ini Bisa Kamu Alami di Tempat yang Sepi

Mungkin fenomena ini merupakan fenomena yang cukup umum terjadi jika kamu berada di zona atau tempat yang benar-benar sepi. Oh ya, halusinasi pendengaran yang intens dirasakan, mungkin itu merupakan gejala psikosis, sebuah gejala khusus yang ada pada penderita skizofrenia.

Tapi tenang saja, jika kamu berada di tempat sepi dan kamu mendengar sesuatu di mana orang lain tidak, kamu tidak gila kok. Kamu masih waras, tapi pendengaran kamu yang mulai terganggu akibat sinyal yang diterima oleh otak terjadi tidak seperti biasanya, mirip seperti kasus pendengaran manusia dalam Laboratorium Orfield yang sudah dibahas di atas.

Menurut ilmuwan, manusia terbiasa mendengar suara-suara bising seperti jalan raya, televisi, radio, dan segala macam suara dengan rentang 20 hingga 100 disabel. Nah, jika manusia yang terbiasa mendengar suara bising dan tiba-tiba ia ke tempat yang sangat hening, pendengarannya berusaha beradaptasi dan prosesnya bisa menimbulkan halusinasi suara.

5. Di zona yang sangat sepi, kamu bisa terpapar gelombang elektromagnetik yang akan membuatmu melihat “hantu”

Menurut Sains, 5 Fenomena Unik Ini Bisa Kamu Alami di Tempat yang Sepi

Apakah kamu pernah mengalami fenomena ini? Ya, di tempat yang sepi, dingin, dan jauh dari zona tinggal penduduk, kamu bisa mengalami hal-hal yang berkaitan dengan supernatural – setidaknya banyak orang mengatakan demikian. Faktanya, penampakan akan hantu tersebut bisa dijelaskan dalam sains, lho.

Seperti studi yang diungkap dalam The International Society for Optics and Photonics,  menyatakan bahwa gelombang elektromagnetik menjadi kemungkinan terbesar yang menyebabkan halusinasi optikal pada penglihatan manusia. Hal ini sangat mungkin terjadi karena di tempat-tempat yang sepi, biasanya terdapat paparan gelombang elektromagnetik yang bisa mengganggu kerja otak manusia.

Comments are closed.