Fakta Zozibini Tunzi, Miss Universe 2019

Fakta Zozibini Tunzi, Miss Universe 2019

Fakta Zozibini Tunzi, Miss Universe 2019

Fakta Zozibini Tunzi, Miss Universe 2019 – Nama Miss Universe pertama kali digunakan oleh International Pageant of Pulchritude pada tahun 1926. Kontes ini diadakan setiap tahun sampai 1935, hingga Perang Dunia II membuat acara ini terhenti. Kontes Miss Universe saat ini didirikan pada tahun 1952 oleh Pacific Knitting Mills, perusahaan pakaian dan produsen Catalina Swimwear yang berbasis di California.

Perusahaan tersebut menjadi sponsor kontes Miss America sampai tahun 1951, ketika pemenangnya, Yolande Betbeze, menolak berpose untuk gambar publisitas dengan situs poker online mengenakan salah satu pakaian renang mereka. Jadi pada tahun 1952, Pacific Knitting Mills menyelenggarakan kontes Miss USA dan Miss Universe, mensponsori mereka selama beberapa waktu.

Mahkota Miss Universe telah berpindah tangan, tahun ini kepada Zozibini Tunzi. Kontestan asal Afrika Selatan ini berhasil meraih keunggulan dari dua peserta lainnya, yaitu Madison Anderson dari Puerto Rico dan Sofia Aragon dari Meksiko.

1. Tumbuh di Pedesaan

zozibini tunzi

Zozibini Tunzi lahir di Tsolo, Eastern Cape, Afrika Selatan pada 18 September 1993. Dia dibesarkan di pedesaan Sidwadweni bersama tiga orang saudara perempuannya. Setelah itu dia hijrah ke Cape Town untuk menempuh pendidikan.

2. Lulusan Cape Peninsula University of Technology

zozibini tunzi

Tunzi mengambil langkah besar untuk pendidikannya dengan pindah ke Cape Town. Dia menetap di pinggiran Gardens untuk menuntut ilmu di Cape Peninsula University of Technology. Setelah itu Tunzi lulus dengan gelar sarjana dalam bidang hubungan masyarakat dan image management pada tahun 2018.

3. Ikut Kontes Kecantikan sejak 2017

zozibini tunzi

Tunzi memulai karirnya di ajang kontes kecantikan pada tahun 2017. Ketika itu, berhasil menembus 26 besar di final Miss South Africa 2017. Meskipun gagal masuk 10 besar, Tunzi tak menyerah. Dia kembali mengikuti ajang kontes kecantikan yang sama dan berhasil membawa pulang mahkota Miss South Africa 2019. Ternyata keberuntungannya di tahun 2019 tak berhenti sampai di situ. Zozibini Tunzi berhasil menyabet gelar Miss Universe 2019 pula.

4. Miss Universe Ketiga dari Afrika Selatan

zozibini tunzi

Zozibini Tunzi adalah pemegang gelar Miss Universe ketiga dari Afrika Selatan. Pemenang pertama adalah Margaret Gardiner pada tahun 1978. Setelah itu, Demi-Leigh Nel-Peters berhasil membawa pulang gelar Miss Universe pada tahun 2017. Selain itu, Tunzi juga menjadi kontestan kulit hitam kelima yang dinobatkan sebagai Miss Universe.

5. Aktif dalam Kegiatan Sosial sejak Kecil

zozibini tunzi

Zozibini Tunzi dikenal sebagai seorang aktivis. Dia sudah aktif di dalam kegiatan sosial sejak kecil. Fokus utamanya saat ini adalah meningkatkan kesadaran tentang kekerasan terkait jenis kelamin dan melawannya. Tunzi menggunakan jejaring sosial miliknya untuk mengkampanyekan isu tersebut secara aktif.

Comments are closed.