Fakta Claude Monet Sang Seniman Metode Lukis Impressionist

Fakta Claude Monet Sang Seniman Metode Lukis Impressionist

Fakta Claude Monet Sang Seniman Metode Lukis Impressionist

Fakta Claude Monet Sang Seniman Metode Lukis Impressionist – Claude Monet dikenal juga dengan nama Oscar-Claude Monet atau Claude Oscar Monet adalah pelukis Prancis dengan aliran impresionisme. Lukisannya Impression, Sunrise adalah asal nama penamaan aliran impresionisme.

Claude Monet merupakan pelukis paling populer di antara banyaknya para pelukis yang hidup di akhir abad ke 20. Pria berkebangsaan Perancis ini, lahir di kota Paris pada tanggal 14 November 1840 dan memiliki nama panjang Oscar-Claude Monet.

Karya-karya dari Monet memang sangat dikenal di seluruh dunia berkat metode unik yang diterapkan pada lukisannya. Meskipun diketahui Monet tidak pernah mempelajari bidang seni secara formal, inilah Aplikasi IDNPlay Terbaru fakta menarik dari Claude Monet yang harus kamu ketahui :

1. Mendapat julukan The Father of The Impressionist

5 Fakta Claude Monet, Seniman dengan Metode Lukis Impressionist

Karya lukisan dari Claude Monet memang sangat mudah untuk diidentifikasi karena Monet biasanya menggunakan warna-warna yang terkesan berani serta dikombinasikan dengan sapuan kuas yang terfragmentasi atau terpecah-pecah. Gaya lukis yang diterapkan oleh Monet ini disebut sebagai metode Impressionist oleh para-para seniman terkemuka dunia.

Metode Impressionist berkembang di kalangan para pelukis lainnya setelah munculnya karya lukisan Monet yang berjudul Impression Sunrise.

2. Memiliki hubungan yang rumit dengan sang ayah

5 Fakta Claude Monet, Seniman dengan Metode Lukis Impressionist

Cita-cita dari Claude Monet untuk menjadi seniman profesional dan terkenal ternyata ditentang oleh pihak keluarganya terutama sang ayah. Hal ini dikarenakan, ayah Monet sangat ingin putranya tersebut bergabung ke dalam bisnis kelontong yang telah dirintis oleh keluarganya selama puluhan tahun. Ayah Monet beranggapan bahwa anaknya tidak memiliki potensi yang besar untuk menjadi seorang seniman.

3. Monet pernah mengalami masa-masa depresi berat

5 Fakta Claude Monet, Seniman dengan Metode Lukis Impressionist

Tidak mendapat dukungan dari keluarga, tentunya Monet megalami kesulitan di sektor keuangan. Ayah Monet secara tegas tidak akan memberikan uang kepada Monet untuk membiayai kehidupannya sehari-hari. Pada masa depresi beratnya tersebut, Monet diketahui menghancurkan ratusan karya lukisannya karena ia mulai merasa ragu terhadap dirinya sendiri.

Bahkan, Monet pernah melakukan percobaan bunuh diri dengan menenggelamkan dirinya di sungai Seine.

 

4. Model favorit dari lukisan Monet adalah istri pertamanya

5 Fakta Claude Monet, Seniman dengan Metode Lukis Impressionist

Sepanjang hidupnya, Claude Monet telah menikah sebanyak dua kali dan dikaruniai dua orang anak. Namun, istri pertama Monet yang bernama Camille Doncieux merupakan model favorit dari Monet untuk dijadikan objek lukisannya. diketahui Monet telah menjadikan Camille sebagai model ke dalam 32 karya lukisannya.

Camille Doncieux meninggal dunia akibat penyakit TBC dan kanker rahim yang dideritanya pada masa kehamilan keduanya. Terakhir kali, Monet melukis Camille ketika ia terbaring sakit di atas ranjangnya.

5. Lukisan Monet saat ini dijual dengan harga fantastis

5 Fakta Claude Monet, Seniman dengan Metode Lukis Impressionist

Dalam kurun waktu 30 tahun sebelum kematiannya, Claude Monet telah berhasil membuat 250 lukisan minyak dengan detail yang sangat terperinci. Gaya melukisnya yang mengagumkan telah melambungkan nama Monet sebagai seorang seniman populer hingga di masa yang akan datang.

Karya-karya Monet saat ini dijual dengan harga yang sangat tinggi. Bahkan, salah satu karya Monet yang berjudul Haystack yang dibuat pada tahun 1890 telah laku terjual dengan harga 110 juta Dolar AS atau setara dengan Rp 1,5 triliun.

Nah, itulah 5 fakta menarik dari seniman asal Perancis, Claude Monet yang dijuluki The Father of Impressionist. Yuk, update terus pengetahuanmu dengan membaca artikel yang tersedia di website IDN Times untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya.

Comments are closed.