Berbagai Macam Penelitian untuk mengumpulkan Data

Berbagai Macam Penelitian untuk mengumpulkan Data

Berbagai Macam Penelitian untuk mengumpulkan Data

Berbagai Macam Penelitian untuk mengumpulkan Data – Pada Dasarnya, Sebuah penelitian memiliki tujuan dan fungsi tertentu. Suatu Penelitian tidak harus menghasilkan penemuan baru, tetapi juga bisa mengembangkan suatu hal atau membuktikan sebuah teori. Pada prinsipnya, tujuan penelitian tersebut dapat dicapai jika data yang didapatkan memang valid atau Benar.

Penelitian berupa penemuan artinya belum pernah dilakukan sebelumnya. Penelitian dengan tujuan membuktikan teori biasanya disebabkan karena ada keraguan informasi atau perkembangan data.

Penelitian pengembangan biasanya dilakukan untuk memperluas hasil aplikasi idn poker open card terbaru penelitian yang sudah ada. Tentunya untuk mendapatkan hasil maksimal diperlukan metode penelitian tepat untuk masing-masing penelitian.

Secara umum, tujuan penelitian diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Mendapatkan pengetahuan baru atau penemuan baru

2. Membuktikan suatu hal dan menguji kebenaran

3. Mengembangkan pengetahuan yang sudah ada

4. Menjadi dasar penelitian selanjutnya. Artinya, hasil penelitian tidak dapat langsung digunakan, tetapi menjadi pengetahuan ketika akan dilakukan penelitian lebih lanjut.

5. Mendapatkan data yang langsung bisa diterapkan di masyarakat atau kehidupan.

6. Menguji validitas penelitian sebelumnya atau menguji ilmu pengetahuan yang sudah dilakukan.

Macam-macam Penelitian

1. Penelitian Eksploratoris

Penelitian eksploratoris memiliki tujuan untuk mengeksplorasi suatu hal. Biasanya penelitian ini dilakukan ketika muncul masalah yang jarang diteliti oleh peneliti lainnya.

2. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif bertujuan untuk mendapatkan penjelasan lebih rinci dari data yang sudah didapatkan. Penelitian deskriptif yang baik adalah penelitian dengan data lengkap yang tergambar dari kualitas dan kuantitas pembahasan. Semakin rinci hasil penelitian tersebut, data akan semakin baik.

3. Penelitian Eksplanatoris

Penelitian eksplanatoris bertujuan untuk menguji teori atau hipotesis. Tujuan akhir penelitian tersebut adalah menguatkan atau menentang hasil penelitian atau teori sebelumnya.

4. Penelitian Murni

Penelitian murni atau penelitian dasar bertujuan untuk mengembangkan sebuah teori. Penelitian murni tidak difokuskan pada manfaat langsung atau manfaat praktis. Lebih dari itu, penelitian murni diharapkan mampu menemukan ilmu pengetahuan baru yang belum ada.

5. Penelitian Terapan

Penelitian terapan adalah penelitian yang bertujuan memecahkan masalah dari kehidupan secara praktis. Penelitian terapan juga dilakukan untuk menguji, menerapkan, serta mengevaluasi masalah praktis dengan data berupa masalah riil.

6. Penelitian Aksi

Penelitian aksi (action research) bertujuan untuk menyelesaikan masalah, sehingga dapat memperoleh solusi terbaik

7. Penelitian Kebijakan

Penelitian kebijakan bertujuan untuk menentukan kebijakan berdasarkan data dan fakta lapangan. Penelitian kebijakan menghasilkan peraturan, keputusan perundang-undangan, atau hal terkait hukum.

8. Penelitian Evaluasi

Penelitian evaluasi bertujuan untuk memberikan penelitian pada program tertentu. Penelitian ini juga dapat berupa kebijakan yang berpengaruh pada masyarakat.

Comments are closed.