5 Manfaat Penting Teknologi Komputer Bagi Mahasiswa

5 Manfaat Penting Teknologi Komputer Bagi Mahasiswa

5 Manfaat Penting Teknologi Komputer Bagi Mahasiswa

5 Manfaat Penting Teknologi Komputer Bagi Mahasiswa – Pada era sekarang manusia telah banyak menciptakan tenologi yang dapat mempermudah kelangsungan hidup manusia. Teknologi yang diciptakanpun beragam dari yang sederhana hingga teknologi canggih.

Komputer adalah benda yang tak asing lagi bagi kita khususnya mahasiswa, pekerja kantor dan pelajar. Kompute bisa diartikan sebagai “dewa penolong” dalam mempermudah mengaplikasikan pekerjaan yang rumit seperti membuat makalah.

Teknologi berperan penting bagi kalangan mahasiswa dalam melakukan Daftar Live22 aktivitas sehari-hari. Salah satu teknologi yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan mahasiswa adalah komputer, kini komputer sudah menjadi bagian yang paling vital karena jika tidak ada komputer maka mahasiswa akan mengalamikesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

1. Sebagai refrensi materi kuliah

Kebanyakan mahasiswa banyak yang memanfaatkan komputer untuk mencari data dalam pembuatan makalah atau bahan materi kuliah. Mungkin, karena lebih efisien (cepat) atau tanpa harus mondar-mandir mencari buku. Situs-situs tertentu juga menawarkan kumpulan artikel atau buku penunjang seperti scribd, google book, wikipedia, google cendikia, dan masih banyak lainya.

2. Membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas

Komputer menghasilkan sumber intelektual mendasar dan baru. Komputer merupakan alat berpikir dan alat pemecah masalah. Salah satu peran komputer bagi mahasiswa dalam kehidupan perkuliahan yaitu transportasi data yang cepat dan aman sehingga pekerjaan lebih cepat selesai dan akurat serta efisien tenaga. Dengan adanya komputer, mahasiswa banyak tertolong dalam mengerjakan tugas melalui program di komputer seperti dalam pengolahan kata (Microsoft Word), pengolahan angka (Microsoft Ecxel), serta membuat presentasi (Microsoft Power Point) dan masih banyak lagi.

3. Membuat mahasiswa lebih kreatif

Dalam beberapa tugas, mahasiswa juga diminta untuk membuat semacam makalah. Dengan tugas ini, mahasiswa akan dituntut untuk terus kreatif dalam membuat sebuah konten. Mereka harus mencari banyak materi lalu merangkumnya menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat.

Kreativitas mahasiwa juga akan meningkat jika mereka dapat menjalankan beberapa aplikasi untuk pengetikan, penghitungan, atau desain. Dengan menguasai aplikasi terebut, mereka dapat dengan mudah mengaplikasikannya untuk mengerjakan tugas yang diberikan atau menjadi soft skill yang bermanfaat dalam dunia pekerjaan.

4.  Memperlancar komunikasi sosial

Sebagai mahasiswa membutuhkan komputer sebagai alat untuk memperlancar komunikasi sosial. Komputer yang di lengkapi dengan koneksi internetnya dapat menghubungkan mahasiswa untuk berkomunikasi dengan teman-temannya, contohnya melalui facebook,twitter, skype dan lain-lain. Mahasiswa dapat menggunakannya pula sebagai sarana untuk menggumpulkan tugas kepada dosen melalui e-mail.

5. Sarana hiburan

Terlepas dari peran komputer yang dapat membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas, komputer juga berperan dalam saran hiburan. Saat mahasiswa jenuh apalagi di kos-kosan sendirian, mau keluar tapi tidak mood, perlulah hiburan dari komputer/laptop. banyak hiburan yang ditawarkan meliputi, film, musik, game, gambar, dan lain sebagainya.

Komputer sesungguhnya memiliki banyak peran serta manfaat bagi seluruh manusia termasuk bagi kalangan mahasiswa dalam bidang akuntansi yaitu untuk menginput laporan keuangan tanpa harus menulis di kertas dan menghitung berapa jumlah dari transaksi yang di tulis, komputer akan dengan sendirinya akan menghitung menggunakan rumus yang telah tersedia. Yang dijelaskan di atas hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak manfaat teknologi informasi khususnya komputer.

Comments are closed.