Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia

Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia

Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia

Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia – Seperti banyak negara berkembang lainnya, Indonesia belum dianggap sebagai negara yang terkemuka di dunia dalam perkembangan sains dan teknologi. Namun, sepanjang sejarahnya, ada prestasi penting, dan kontribusi yang dibuat oleh Indonesia untuk sains, dan teknologi.

Saat ini, Kementerian Penelitian dan Teknologi adalah badan resmi yang bertanggung jawab atas sains, dan pengembangan teknologi di negara ini. Pada tahun 2010, pemerintah Indonesia telah mengalokasikan dana Rp. 1,9 triliun (sekitar $205 juta) atau kurang dari 1 persen dari total anggaran belanja negara untuk penelitian, dan pengembangan

Perkembangan sains atau ilmu pengetahuan dalam sebuah negara telah menjadi sebuah landasan dan tolok ukur bagi kemajuan bangsa dan negara yang bersangkutan. Faktanya, saat ini ada banyak negara yang Daftar Poker IDNPlay Indonesia Terbaru saling berlomba-lomba untuk mengembangkan sains, entah itu dalam hal medis, pendidikan, teknologi, penelitian luar angkasa, dan lain sebagainya.

1. Singapura

10 Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia, Mana Saja?

Singapura adalah salah satu negara dengan sistem kesehatan terbaik di dunia. Hal ini membuktikan bahwa Singapura juga peduli dalam perkembangan sains untuk kemajuan negaranya. Bahkan, ada banyak pasien dari negara-negara lain yang datang ke Singapura khusus untuk berobat dan berkonsultasi dengan dokter.

Diberitakan dalam laman The National News, sistem kesehatan di Singapura memang agak berbeda dengan negara-negara lain. Selain asuransi, pemerintah Singapura menerapkan subsidi untuk warga negaranya yang membutuhkan biaya pengobatan. Pemerintah Singapura juga memasarkan sistem kesehatannya ke seluruh dunia, termasuk Eropa dan Amerika.

Tak mengherankan jika Singapura menjadi salah satu negara yang diperhitungkan dalam bidang sains, terutama medisnya. Meskipun negaranya kecil, Singapura telah membuktikan bahwa dengan sains, mereka dapat dihargai di mata dunia.

2. Rusia

10 Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia, Mana Saja?

Rusia sudah menjadi salah satu negara yang fokus pada sains, terutama di bidang persenjataan dan eksplorasi luar angkasa, sejak zamannya Uni Soviet masih ada. Bahkan, sejak dulu Rusia telah menjadi negara pesaing Amerika Serikat dalam hal apapun, terutama di bidang sains.

Laman Space mencatat bahwa Badan Antariksa Rusia atau Roscosmos dibentuk secara resmi pada 1992. Namun, pada era 1950-an, badan antariksa Uni Soviet sudah ada dan aktif menjalankan misi-misinya ke luar angkasa. Meskipun Uni Soviet telah runtuh, bagaimana pun negara itu pernah mengukir sejarah hebat melalui manusia pertama di dunia yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

3. Kanada

10 Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia, Mana Saja?

Selain menjadi negara paling bahagia di dunia, Kanada juga rupanya tak mau kalah dalam urusan sains. Di bidang pendidikan, Kanada memiliki sistem pendidikan yang diklaim menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Di bidang medis juga begitu. Sistem kesehatan di Kanada telah menjadi tolok ukur dan percontohan bagi banyak negara.

Nah, hebatnya lagi, Kanada bekerja sama dengan NASA Amerika, telah menjadi bagian penting dalam visi dan misi yang berhubungan dengan eksplorasi luar angkasa. Melalui laman resminya, Badan Antariksa Kanada telah mengambil bagian penting untuk berpartisipasi melakukan studi dan penelitian di Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS.

4. Tiongkok

10 Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia, Mana Saja?

Tahukah kamu bahwa Tiongkok telah dengan cepat menjelma menjadi salah satu negara dengan perkembangan sains terpesat di dunia? Ya, terlepas dari berbagai macam kontroversinya, Tiongkok sudah bisa membuktikan bahwa mereka layak disebut sebagai negara yang memajukan ilmu pengetahuan.

Salah satu bidang sains Tiongkok yang pernah menghebohkan dunia adalah kloning, seperti dicatat dalam laman sains Nature. Tiongkok sudah sering melakukan kloning dengan beberapa spesies hewan dan bahkan pernah berkembang isu mengenai kloning bayi manusia. Meskipun kerap mendapat kecaman dari negara lain, Tiongkok tetap melanjutkan studi mengenai kloningnya tersebut.

5. Prancis

10 Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia, Mana Saja?

Selain militer dan automotifnya, Prancis terkenal sebagai negara penghasil pesawat terbang di bawah bendera Airbus. Bahkan, hampir semua negara di dunia telah menggunakan Airbus sebagai moda transportasi udara, tentunya di samping Boeing milik Amerika Serikat. Menurut laman resmi Airbus, di seluruh dunia perusahaan milik Prancis tersebut telah memperkerjakan sekitar 68 ribu orang.

Ilmuwan dan akademisi penerbangan Prancis memang sudah sejak dulu banyak melakukan studi dan penelitian ilmiah mengenai ilmu penerbangan. Hasilnya, Prancis dan juga negara Eropa lainnya mampu bersaing ketat dengan Amerika Serikat dalam hal sains, terutama dalam hal ilmu penerbangan.

6. Jerman

10 Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia, Mana Saja?

Selain teknologi dan automotif, Jerman juga terkenal dengan dunia medis dan kedokterannya yang sudah lama dijadikan tolok ukur bagi banyak negara. Mayoritas dokter-dokter top dunia biasanya dulunya pernah mengenyam pendidikan di Jerman. Bahkan, sejak abad pertengahan Jerman sudah terkenal sebagai negara yang memiliki sumbangsih terhadap dunia medis dan kedokteran.

Laman Berlin Medical Academy mencatat bahwa di Jerman, menjadi seorang dokter yang berkualitas adalah sebuah tujuan dan cita-cita terhormat yang sudah dilakukan dari generasi ke generasi. Ada banyak universitas kedokteran bagus di Jerman dan mayoritasnya adalah universitas rujukan dari banyak pelajar di seluruh dunia.\

7. Korea Selatan

10 Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia, Mana Saja?

Di Asia, persaingan antara Korea Selatan dan Jepang menjadi salah satu persaingan negara “gajah” di bidang sains dan teknologi. Korea Selatan sudah banyak menelurkan produk-produk teknologi, entah itu elektronik maupun automotif. Kualitas pendidikan di Korea Selatan juga terbilang cukup bersaing di Asia dan bahkan dunia.

Seperti dicatat dalam laman Nature, Korea Selatan yang dulunya berbasis pertanian dan perkebunan, saat ini sudah menjadi salah satu negara yang menguasai dunia di bidang inovasi teknologi. Bahkan, menurut data yang dikeluarkan oleh Cornell University dan Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia, Korea Selatan menempati posisi 11 dunia dalam hal inovasi teknologi.

8. Jepang

10 Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia, Mana Saja?

Membicarakan Jepang sebagai Bapak Inovasi di bidang sains dan teknologi memang tak ada habis-habisnya. Mulai dari robot, automotif, kedokteran, sistem pendidikan, dan inovasi sains lainnya sudah diakui oleh dunia. Hampir di setiap negara ada mobil atau motor buatan Jepang. Bahkan, sebagian besar produk elektronik yang beredar di dunia merupakan produksi Jepang.

Oh ya, Jepang juga menjadi tolok ukur atau patokan bagi penanganan bencana alam. Seperti yang kita ketahui, Jepang sering dilanda bencana alam, namun dengan teknologi dan sains, Jepang mampu mengatasi dan bahkan mengurangi dampak dari bencana alam yang kerap terjadi di Negeri Sakura tersebut.

9. Inggris

10 Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia, Mana Saja?

Di Eropa, Inggris telah menjadi negara yang memimpin dalam bidang sains, teknologi, dan sumbangsih para ilmuwan. Yup, Inggris menjadi negara dengan banyak ilmuwan dan bahkan hal itu sudah terjadi sejak abad pertengahan. Kamu bisa melihat bagaimana banyak teori sains yang saat ini diajarkan di sekolah juga merupakan kontribusi dari banyak ilmuwan asal Inggris.

Nama-nama besar macam Isaac Newton, Alexander Fleming, Edward Jenner, Rosalind Franklin, Stephen Hawking, Roger Bacon, dan banyak lagi telah menjadi ilmuwan dan penemu yang berkontribusi bagi banyak orang. Setelah Revolusi Industri, Inggris mengalami kemajuan yang lebih pesat lagi di bidang sains dan industri, bahkan mengalahkan banyak negara di Eropa.

10. Amerika Serikat

10 Negara dengan Perkembangan Sains Terpesat di Dunia, Mana Saja?

Dalam hal sains, teknologi, militer, dan sumbangsih ilmuwan, Amerika Serikat masih menjadi negara terdepan yang mampu melakukan itu semua. Bahkan, sudah sejak lama Amerika mampu menjadi negara berpengaruh berkat sains dan teknologi yang mereka miliki. Bukan hanya di Bumi, beberapa ilmuwan Amerika juga melakukan studinya di luar angkasa.

Untuk urusan Hadiah Nobel, Amerika Serikat juga menyumbangkan nama-nama ilmuwan terbanyak di dunia, dicatat dalam laman resmi Nobel Prize. Sains dan teknologi telah menjadi salah satu hal mendasar dalam kehidupan bernegara di Amerika Serikat (AS).

Comments are closed.