Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia

Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia

Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia

Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia – Tiongkok dan Amerika Serikat saat ini memang bersaing untuk mengembangkan komputer paling kuat dunia. Namun, superkomputer Jepang yang kini dinobatkan sebagai tercepat di dunia. Superkomputer Jepang yang lama dinanti-nanti ini bernama Fugaku.

Dipasang di kota Kobe oleh lembaga Riken dukungan pemerintah. Jepang rencananya akan menghadirkan komputer tercepat di tahun 2020 nanti. Kehebatan spesifikasi dari komputer tersebut masih belum dijelaskan secara detail.

Namun, sebagai gambarannya, komputer tersebut akan memiliki kemampuan 100 kali lebih mumpuni dibandingkan dengan komputer biasa. Superkomputer Fugaku pada dinobatkan sebagai komputer tercepat oleh Top500, sebuah proyek yang mengukur dan membuat daftar  IDNPlay Poker99 Deposit OVO superkomputer tercepat di dunia.

Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia

Komputer “K” adalah komputer ketiga tercepat di dunia saat ini. Produk ini bahkan masuk sebagai Top 500 List of Super Computer. Komputer ini dibekali dengan prosesor Fujitsu SPARC64 VIIIfx dengan inti prosesor sebanyak 705.204 buah ditambah dengan kecepatan 10,5 petaFLOPS.

FLOPS adalah floating-point operations per second. Ini adalah istilah yang mengacu pada satuan pengukur kinerja komputer dalam hal berapa banyak kalkulasi matematis yang dilakukan dalam satu detik. 1 petaFLOPS setara dengan 1 quadriliun (1.000.000.000.000.000) kalkukasi matematis per detik.

Jepang Kembangkan Komputer Tercepat di Dunia

Komputer “K” nantinya akan dikembangkan oleh Fujitsu Jepang dalam rangka menciptakan komputer tercepat di dunia pada tahun 2020 mendatang. Proyek komputer masa depan ini kemudian diberi nama dengan “Flagshio 2020”.

Selain Jepang, Departemen Energi Amerika Serikat juga tengah menggodok komputer bertajuk “Aurora” yang rencananya akan selesai pada 2019 mendatang. Komputer tersebut dikabarkan mempunyai berkecepatan 180 petaFLOPS.

Fugaku melakukan perhitungan 2,8 kali lebih banyak daripada sistem IBM di Oak Ridge National Laboratory, Tennessee, AS.

Sistem IBM lainnya, di Lawrence Livermore National Laboratory, California turun ke peringkat ketiga dari peringkat kedua, sementara sistem di Tiongkok pindah ke peringkat keempat dan kelima dari peringkat ketiga dan keempat.

Sistem ukuran ruangan digunakan untuk tugas-tugas militer dan ilmiah yang kompleks, termasuk melanggar kode, memodelkan perubahan iklim dan mensimulasikan desain baru pada mobil, senjata, pesawat terbang dan obat-obatan.

Lembaga Riken mengatakan Fugaku sudah digunakan untuk membantu belajar, mendiagnosis, dan mengobati pasien Covid-19.

Comments are closed.