Daftar Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

Daftar Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

Daftar Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

Daftar Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020 – Reka cipta atau penemuan adalah suatu bentuk, komposisi materi, peranti, atau proses yang baru. Sebagian penemuan didasarkan pada bentuk-bentuk, komposisi, proses, atau gagasan-gagasan yang sudah ada sebelumnya.

Tahun 2020 memang sudah berakhir beberapa waktu lalu. Tahun 2020 merupakan tahun yang sulit bagi banyak orang akibat pandemi COVID-19 dan resesi. Hal ini pastinya juga berdampak pada penelitian arkeolog yang harus terhambat, baik karena pembatasan sosial seperti lockdown dan karantina wilayah, atau karena kukurangan dana atau sponsor.

Meskipun begitu, terdapat beberapa penemuan arkeologi yang menakjubkan sepanjang tahun 2020 walaupun sedang dilanda COVID-19. Berikut Para penemuan deposit poker pulsa 10000 tanpa potongan arkeologi terbesar sepanjang tahun 2020 yang wajib kamu ketahui.

1. Lukisan pada zaman batu di hutan Amazon

7 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

Menjelang akhir tahun, ribuan lukisan terletak di bebatuan besar yang diyakini berasal dari zaman batu dan sudah berumur 12.600 tahun yang lalu. Lukisan ini menggambarkan mastadon pada zaman es, kungkang raksasa, hingga binatang-binatang buas lainnya yang ada di hutan Amazon.

Panjang dari lukisan ini mencapai 13 kilometer di sepanjang bebatuan bukit yang ada di hutan Amazon negara Kolombia dilansir Live Science. Lukisan ini diabuat dari ochre, yang merupakan pigmen merah yang sering digunakan untuk melukis pada zaman dahulu.

2. Ratusan mumi kuno di Mesir

7 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

Seperti yang kita ketahui bahwa masyarakat Mesir kuno mengenal dengan ritual mumi atau pengawetan mayat yang biasa disimpan di tempat tertentu. Pada September 2020, ratusan peti mati yang berisi mumi ditemukan di kota Saqqara di Mesir menurut arkeolog Kementerian Purbakala Mesir.

Selain menemukan peti mati yang berisi mumi, mereka juga menemukan 40 patung yang menggambarkan Dewa Ptah-Soker. Dewa tersebut merupakan gabungan dari jelmaan Dewa Ptah yang merupakan Dewa Memphis dan Dewa Saqqara.

3. Geolyph kucing raksasa di Peru

7 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

Geolyph seekor kucing sedang bersantai ditemukan di lereng sebuah daerah bagian selatan negara Peru. Geolyph sendiri merupakan garis-garis Nazca yang tercetak di tanah dan membentuk suatu desain. Menurut Kementerian Kebudayaan Peru, lukisan ini diyakini berasal dari zaman Pra-Kolombia.

Geolyph ini ditemukan oleh arkeolog Nazca-Palpa Management Plan dan Kementerian Kebudayaan Peru pada saat sedang mengerjakan sebuah proyek di Pampa de Nazca. Pada awalnya, para pekerja tak dapat melihat gambar kucing tersebut karena erosi tanah. Setelah membersihkan erosi tanah tersebut selama 1 minggu, mereka baru menyadari bahwa geolyph tersebut berbentuk kucing.

4. Makam Romulus

7 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

Bagi kamu penggemar sejarah Romawi, pastinya kamu pernah mendengar sosok Romulus. Romulus diyakini sebagai pendiri dan raja pertama dari Kerajaan Romawi Kuno. Pada awal Februari 2020 lalu, sebuah makam kuno yang berumur ribuan tahun lalu ditemukan di bawah Forum Romawi.

Forum merupakan sebuah bangunan berbentuk persegi yang dikelilingi oleh reruntuhan bangunan kuno lainnya dan diyakini sebagai alun-alun kota tersebut pada zaman dahulu. Para Arkeolog meyakini bahwa makam tersebut merupakan makam Romulus walaupun setelah dibuka ternyata isinya kosong.

5. Pemburu wanita

7 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

Banyak sekali sejarawan meyakini pada zaman kuno terdahulu, tugas wanita ialah hanya sekedar bercocok tanam dan mengumpul tanaman herbal. Pada November 2020 lalu, hal ini dibantah oleh penemuan arkeolog yang menemukan makam pemburu wanita pada zaman dahulu beserta senjatanya di Pegunungan Andes.

Para arkeolog di sana menjelaskan cara pemburu wanita tersebut berburu hewan di alam bebas, yaitu dengan cara melemparkan senjata tajam yang terbuat dari batu. Dengan adanya penemuan ini, hipotesis-hipotesis terdahulu mengenai anggapan bahwa hanya laki-laki saja yang dapat berburu pada zaman kuno terbantahkan.

6. Pahatan batu kuno Assyrian di Irak

7 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

Pada awal 2020, pahatan batu kuno ditemukan di bagian Kurdistan utara, Irak. Pahata tersebut menggambarkan Raja Assyrian sedang memberikan penghormatan kepada para dewa. Terdapat juga pahatan Ashur yang merupakan Dewa Assyrian yang digambarkan dengan naga beserta sang istri yang bernama Mullissu yang digambarkan dengan singa.

Pahatan-pahatan ini berhasil selamat dari kerusakan yang disebabkan oleh serangan-serangan militan ISIS di Irak. Pahatan-pahatan tersebut diyakini sudah berumur 3000 tahun lebih.

7. Kerangka hewan mammoth di Rusia

7 Penemuan Arkeologi Terbesar Sepanjang Tahun 2020

Pada Maret 2020, para arkeolog menemukan lingkaran besar yang terbuat dari tulang mammoth dan hewan-hewan pada zaman es lainnya. Tulang-tulang ini diyakini sudah ada sejak 20.000 tahun lalu dilansir Live Science. Terdapat semua bagian mammoth yang berhasil ditemukan, mulai dari tengkorak hingga tulang kaki yang seperti tulang belakang.

Diameter tulang mammoth sendiri mencapai 11 meter. Namun, alasan mengapa tulang-tulang tersebut berkumpul menjadi satu hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Terdapat anggapan bahwa tulang-tulang tersebut berkumpul karena sebuah ritual atau tempat tersebut merupakan tempat penyimpanan makanan.

Comments are closed.